Pendahuluan
Semantic web
adalah sebuah visi, ide atau pemikiran dari bagaimana memiliki data pada web
yang didefinisikan dan dihubungkan dengan suatu cara dimana dapat digunakan
oleh mesin tidak hanya untuk tujuan display, tetapi
untuk otomatisasi, integrasi dan penggunaan kembali data diantara berbagai
aplikasi.
Semantic web adalah sebuah web dari data, seperti layaknya sebuah basis data global. Pendekatan Semantic web mengembangkan bahasa untuk mengekspresikan informasi dalam bentuk yang dapat diproses oleh mesin (machine processable). Ide dasarnya adalah untuk membawa Web memiliki definisi dan link data sehingga dapat digunakan lebih efektif untuk mencari, otomasi, integrasi dan re-use informasi pada berbagai aplikasi.
Semantic web adalah sebuah web dari data, seperti layaknya sebuah basis data global. Pendekatan Semantic web mengembangkan bahasa untuk mengekspresikan informasi dalam bentuk yang dapat diproses oleh mesin (machine processable). Ide dasarnya adalah untuk membawa Web memiliki definisi dan link data sehingga dapat digunakan lebih efektif untuk mencari, otomasi, integrasi dan re-use informasi pada berbagai aplikasi.
Istilah
Web Semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide
Web. Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0,
generasi ketiga dari World Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu sendiri sering
disamakan dengan Web Semantik. Web Semantik menggunakan XML, XMLS
(XML Schema), RDF, RDFS (Resources Description Framework Schema) dan OWL.
Semantic web dikembangkan oleh sebuah
tim di World Wide Web Consortium. Hingga
saat ini Semanticweb masih dalam tahap
pengembangan dan penyempurnaan, karena teknologi ini masih baru digunakan dan
tim masih mengembangkan metode masing-masing untuk mengembangkan Semantic web.
Web saat ini mendukung dokumen, halaman teks
dan gambar yang dirancang untuk manusia. Semanticweb menambah
dukungan untuk basis data, kumpulan informasi yang besar tersusun rapi untuk
diproses oleh mesin.
Semantic
web mempunyai kelebihan mampu untuk membuat aplikasi komputer yang dapat
memahami bahasa manusia, bukan bahasa yang baku dari para penguna tetapi juga
bahasa yang lebih kompleks. Jadi bahasa yang digunakan tidak lagi bersifat
teknis tapi sudah seperti bahasa dalam percakapan sehari-hari , sehingga dapat
mempermudah interaksi dan komunikasi dengan mesin atau komputer.Tidak
seperti web 2.0 yang terasa sulit untuk melakukan hal-hal diatas, mungkin web
3.0 merupakan sebuah terobosan dalam dunia web untuk mempermudah semua
aktivitas.
Seperti halaman web biasa yang memiliki layanan
seperti mesin pencari, yang menggabungkan berbagai macam halaman kedalam satu
koleksi yang sama. Semantic web juga
memiliki hal yang sama, perbedaanya terletak pada metode pencarian halaman web
yang diinginkan. Jika pada halaman web biasa hanya hanya dapat mencari halaman
web yang memiliki sebuah atau beberapa kata yang menjadi bahan pencarian,
sedangkan dalam Semantic web dapat
melakukan pencarian dengan lebih terstruktur, pertanyaan yang spesifik (selama
hal tersebut di tulis kedalam bentuk yang dimengerti oleh mesin).
Semantic web tidak hanya tentang
bagaimana mengajarkan mesin untuk dapat mengerti bahasa manusia atau memproses
bahasa alami dan juga tidak semata-mata untuk membuat sebuah kecerdasan buatan,
tetapi tujuan utama adalah untuk mempermudah mengumpulkan data-data, lebih
diutamakan untuk data yang besar.
Contoh Penggunaan Web Semantik
Saat ini web semantik
telah banyak diterapkan, salah satunya telah diterapkan di website Alibaba.com
(www.alibaba.com). Alibaba.com adalah
sebuah layanan e-commerce yang berpusat di negara China dengan customer yang
berasal dari 200 negara dan wilayah dari seluruh dunia dan berfokus pada B2B
e-commerce untuk menghubungkan berbagai jenis usaha kecil dan menengah.
Sehingga, usaha mereka dapat berkembang hingga dapat dilirik hingga ke luar
China. Alibaba kini menjadi perusahaan teknologi kesayangan China. Namun
demikian, banyak orang yang tidak tahu perjalanan miris Alibaba. Usaha ini
dimulai Jack Ma dengan perjuangan dan rintangan yang berat.
Analisis :
Untuk mengetahui bahwa Alibaba.com merupakan web semantic atau bukan, kita dapat mengetahuinya
dengan melakukan pengecekan karakteristik/ciri-ciri web semantic terhadap Alibaba.com dengan karakteristik/ciri-ciri
sebagai berikut :
· Konsep Web Semantik yang memungkinkan
isi web dinikmati tidak hanya dalam bahasa asli pengguna, tapi juga dalam
bentuk format yang bisa diakses oleh agen-agen software.
Situs Multi-Bahasa diluncurkan
oleh Alibaba.com untuk membantu pemasok di seluruh dunia mengembangkan pasar
baru di mana bahasa-bahasa selain bahasa Inggris banyak digunakan. Pemasok
dapat meningkatkan eksposur mereka terhadap pembeli dengan menampilkan produk
dalam bahasa non-Inggris di Situs Multi-Bahasa kami. Saat ini 11 situs multi
bahasa tersedia secara otomatis dari situs berbahasa Inggris:
Situs Jepang:
http://japanese.alibaba.com
Situs Spanyol:
http://spanish.alibaba .com
Situs Portugis:
http://portuguese.alibaba.com
Situs Rusia:
http://russian.alibaba.com
Site French:
http://french.alibaba.com
Site Jerman:
http://german.alibaba.com
Situs Italia:
http://italian.alibaba.com
Situs Arab:
http://arabic.alibaba.com
Situs Korea:
http://korean.alibaba.com
Situs Turki:
http://turkish.alibaba.com
Vietnam Situs: http://vietnamese.alibaba.com
Situs Thailand:
http://thai.alibaba.com
Situs Belanda : http: //
Belanda. alibaba.com
Situs Indonesia : http://indonesian.alibaba.com
Situs Ibrani:
http://hebrew.alibaba.com
·
Pencarian dalam bahasa pengguna
Kita sebagai user dapat mencari dikolom pencarian menggunakan bahasa kita
sendiri.
· Prediction
& Action (Prediction & Action)
Alibaba.com
telah menerapkan Prediction & Action pada kolom pencariannya. Hal ini dapat
kita lihat, apabila kita telah mengetik beberapa huruf pada kolom pencarian
maka akan tampil prediction/sugest untuk huruf berikutnya. Kemudian Action pada
Alibaba.com dapat kita lihat, apabila kita mengetikan benda yang diingankan
akan timbul advanced search berupa kategori rujukan untuk benda tersebut. Untuk
lebih jelasnya dapat kita lihat pada gambar di bawah.
·
Adanya komunikasi antara pengguna/user
dengan mesin pencari
Pencarian pada kolom alibaba.com juga sudah mengenal suatu koreksi penulisan jika kita salah melakukan
pengetikan maka akan muncul suatu koreksi.
Kelebihan
:
- Terdapat pengkoreksian pencarian barang Alibaba.com akan memberikan suggestion barang yang mungkin anda cari adalah... (seperti pada gambar diatas).
- Alibaba.com dapat diakses melalui berbagai platform
- Tersedia dalam beberapa Bahasa sesuai keberadaan saat kita mengakses website tersebut.
- Informasi pada situs Alibaba semakin lebih tersegmentasi dan menyeluruh, sehingga lebih relevansi dan efektif.
- Tampilan interface sederhana tetapi lengkap.
- Mudah dalam penggunan
Kekurangan
:
· Terkadang barang
rujukan tidak sesuai dengan apa yang dimaksud.
· Untuk beberapa region
(missal Indonesia) mungkin akan kesulitan untuk melakukan transaksi di
Alibaba.com karena merupakan website e-commerce internasional sehingga harus
memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.
Sumber :
Alibaba.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Web_semantik
http://maheshcr.com/characteristics-of-a-semantic-web-application/
http://ratubeebee.blogspot.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar