Selasa, 06 Maret 2018

Contoh Penggunaan Web Semantik


Pendahuluan

Semantic web adalah sebuah visi, ide atau pemikiran dari bagaimana memiliki data pada web yang didefinisikan dan dihubungkan dengan suatu cara dimana dapat digunakan oleh mesin tidak hanya untuk tujuan display, tetapi untuk otomatisasi, integrasi dan penggunaan kembali data diantara berbagai aplikasi.

Semantic web adalah sebuah web dari data, seperti layaknya sebuah basis data global. Pendekatan Semantic web mengembangkan bahasa untuk mengekspresikan informasi dalam bentuk yang dapat diproses oleh mesin (machine processable). Ide dasarnya adalah untuk membawa Web memiliki definisi dan link data sehingga dapat digunakan lebih efektif untuk mencari, otomasi, integrasi dan re-use informasi pada berbagai aplikasi.

          Istilah Web Semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan Web Semantik. Web Semantik  menggunakan XML, XMLS (XML Schema), RDF, RDFS (Resources Description Framework Schema) dan OWL.

Semantic web dikembangkan oleh sebuah tim di World Wide Web Consortium. Hingga saat ini Semanticweb masih dalam tahap pengembangan dan penyempurnaan, karena teknologi ini masih baru digunakan dan tim masih mengembangkan metode masing-masing untuk mengembangkan Semantic web.

Web saat ini mendukung dokumen, halaman teks dan gambar yang dirancang untuk manusia. Semanticweb menambah dukungan untuk basis data, kumpulan informasi yang besar tersusun rapi untuk diproses oleh mesin.

Semantic web mempunyai kelebihan mampu untuk membuat aplikasi komputer yang dapat memahami bahasa manusia, bukan bahasa yang baku dari para penguna tetapi juga bahasa yang lebih kompleks. Jadi bahasa yang digunakan tidak lagi bersifat teknis tapi sudah seperti bahasa dalam percakapan sehari-hari , sehingga dapat mempermudah interaksi dan komunikasi dengan mesin atau komputer.Tidak seperti web 2.0 yang terasa sulit untuk melakukan hal-hal diatas, mungkin web 3.0 merupakan sebuah terobosan dalam dunia web untuk mempermudah semua aktivitas.

Seperti halaman web biasa yang memiliki layanan seperti mesin pencari, yang menggabungkan berbagai macam halaman kedalam satu koleksi yang sama. Semantic web juga memiliki hal yang sama, perbedaanya terletak pada metode pencarian halaman web yang diinginkan. Jika pada halaman web biasa hanya hanya dapat mencari halaman web yang memiliki sebuah atau beberapa kata yang menjadi bahan pencarian, sedangkan dalam Semantic web dapat melakukan pencarian dengan lebih terstruktur, pertanyaan yang spesifik (selama hal tersebut di tulis kedalam bentuk yang dimengerti oleh mesin).

Semantic web tidak hanya tentang bagaimana mengajarkan mesin untuk dapat mengerti bahasa manusia atau memproses bahasa alami dan juga tidak semata-mata untuk membuat sebuah kecerdasan buatan, tetapi tujuan utama adalah untuk mempermudah mengumpulkan data-data, lebih diutamakan untuk data yang besar.

Contoh Penggunaan Web Semantik
Hasil gambar untuk alibaba

Saat ini web semantik telah banyak diterapkan, salah satunya telah diterapkan di website Alibaba.com (www.alibaba.com). Alibaba.com adalah sebuah layanan e-commerce yang berpusat di negara China dengan customer yang berasal dari 200 negara dan wilayah dari seluruh dunia dan berfokus pada B2B e-commerce untuk menghubungkan berbagai jenis usaha kecil dan menengah. Sehingga, usaha mereka dapat berkembang hingga dapat dilirik hingga ke luar China. Alibaba kini menjadi perusahaan teknologi kesayangan China. Namun demikian, banyak orang yang tidak tahu perjalanan miris Alibaba. Usaha ini dimulai Jack Ma dengan perjuangan dan rintangan yang berat.

Analisis :
Untuk mengetahui bahwa Alibaba.com merupakan web semantic atau bukan, kita dapat mengetahuinya dengan melakukan pengecekan karakteristik/ciri-ciri web semantic terhadap Alibaba.com dengan karakteristik/ciri-ciri sebagai berikut :

·        Konsep Web Semantik yang memungkinkan isi web dinikmati tidak hanya dalam bahasa asli pengguna, tapi juga dalam bentuk format yang bisa diakses oleh agen-agen software.
Situs Multi-Bahasa diluncurkan oleh Alibaba.com untuk membantu pemasok di seluruh dunia mengembangkan pasar baru di mana bahasa-bahasa selain bahasa Inggris banyak digunakan. Pemasok dapat meningkatkan eksposur mereka terhadap pembeli dengan menampilkan produk dalam bahasa non-Inggris di Situs Multi-Bahasa kami. Saat ini 11 situs multi bahasa tersedia secara otomatis dari situs berbahasa Inggris:
Situs Jepang: http://japanese.alibaba.com
Situs Spanyol: http://spanish.alibaba .com
Situs Portugis: http://portuguese.alibaba.com
Situs Rusia: http://russian.alibaba.com
Site French: http://french.alibaba.com
Site Jerman: http://german.alibaba.com
Situs Italia: http://italian.alibaba.com
Situs Arab: http://arabic.alibaba.com
Situs Korea: http://korean.alibaba.com
Situs Turki: http://turkish.alibaba.com
Vietnam Situs: http://vietnamese.alibaba.com
Situs Thailand: http://thai.alibaba.com
Situs Belanda : http: // Belanda. alibaba.com
Situs Indonesia : http://indonesian.alibaba.com
Situs Ibrani: http://hebrew.alibaba.com

·         Pencarian dalam bahasa pengguna
Kita sebagai user dapat mencari dikolom pencarian menggunakan bahasa kita sendiri.



·         Prediction & Action (Prediction & Action)

Alibaba.com telah menerapkan Prediction & Action pada kolom pencariannya. Hal ini dapat kita lihat, apabila kita telah mengetik beberapa huruf pada kolom pencarian maka akan tampil prediction/sugest untuk huruf berikutnya. Kemudian Action pada Alibaba.com dapat kita lihat, apabila kita mengetikan benda yang diingankan akan timbul advanced search berupa kategori rujukan untuk benda tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat kita lihat pada gambar di bawah.


·          Adanya komunikasi antara pengguna/user dengan mesin pencari

Pencarian pada kolom alibaba.com juga sudah mengenal suatu koreksi penulisan jika kita salah melakukan pengetikan maka akan muncul suatu koreksi.



Kelebihan :
  •  Terdapat pengkoreksian pencarian barang Alibaba.com akan memberikan suggestion barang yang mungkin anda cari adalah... (seperti pada gambar diatas).
  •  Alibaba.com dapat diakses  melalui berbagai platform
  • Tersedia dalam beberapa Bahasa sesuai keberadaan saat kita mengakses website tersebut.
  • Informasi pada situs Alibaba semakin lebih tersegmentasi dan menyeluruh, sehingga lebih relevansi dan efektif.
  • Tampilan interface sederhana tetapi lengkap.
  • Mudah dalam penggunan


Kekurangan :
·       Terkadang barang rujukan tidak sesuai dengan apa yang dimaksud.
·    Untuk beberapa region (missal Indonesia) mungkin akan kesulitan untuk melakukan transaksi di Alibaba.com karena merupakan website e-commerce internasional sehingga harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sumber :

Alibaba.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Web_semantik
http://maheshcr.com/characteristics-of-a-semantic-web-application/
http://ratubeebee.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar