Jumat, 22 Desember 2017

Teknologi Grafis Game yang mulai Melambat

Pada postingan kali ini akan dibahas mengenai peningkatan grafis pada game konsol yang mulai melambat. Nah pada awalnya bisa dirasakan sewaktu terjadi batu loncatan besar dari Grafis Super Nintendo ke grafis PS1 dalam kurun waktu 8 tahun atau jika dilihat 2 tahun sebelum PS1 tepatnya 1996 ada Nintendo64 yang memberikan loncatan grafis cukup jauh dari gambar "kartun" nya Super Nintendo Entertainment System (SNES). Yaap PS1 dan Nintendo64 sudah memberikan grafis lingkungan 3D.

Super Mario Nintendo – 64 bit
Selanjutnya dari PS1 yang masih belum jelas muka-muka karakternya kembali mengalami sebuah jebolan teknologi baru yaitu di era PS2, Gamecube, dan XBOX. Nah yang akan dibahas memang perkembangan grafis game konsol saja, karena kalo PC adalah masalah upgrade hardware belaka bukan perbedaan bentuk dan fungsi layaknya sebuah game konsol.

                                    Winning Eleven (PS 1) 
                                   Winning Eleven (PS 2)

Bisa dilihat semisal game WE di PS1 muka para pemainnya masih sama semua, berbeda dengan di PS2 yang para pemain masing-masing memiliki muka yang berbeda. Walau ada beberapa pemain tak berlisensi sehingga mukanya sama. Rambut pemain pun tidak kotak-kotak belaka.

Selanjutnya berkembang lebih jauh dari PS2/GC/ XBOX à PS3, XBOX360, Wii U.
Disini mulai berkembang yang namanya Dynamic Light dan shadow di bagian tubuh. Serta di beberapa game baju karakter yang bisa lecek-lecek semisal game Pro Evolution Soccer (PES), Call Of Duty, Grand Theft Auto (GTA), dll. Komposisi pun jauh lebih terlihat padat.

                                    Grand Theft Auto San Andreas (PS 2)  
Grand Theft Auto V (PS 3)

Nah sekarang kita akan membahas yang console game yang sedang hangat digunakan oleh semua orang, Next Gen Console yaitu Playstation 4 dan XBOX One. Sebenarnya agak disesalkan kualitas grafis PS4 dan XBOXOne tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya PS3 dan XBOX36O. Pada postingan saya kali ini intinya akan di bahas bahwa perkembangan grafis game console melambat untuk saat ini. Ya mungkin dikarenakan karena masih terbatasnya Hardware dan perkembangan Hardware yang kembali melambat setelah sempat memuncak antara era 2007- 2012. Di tahun 2013 memang inovasi Teknologi kian berkurang saja. Sebut saja Galaxy S4 yang katanya Octa Core ternyata masih Quad Core belaka (belum murni memiliki 8 core). Disini terlihat pula pada PS4 dan XOne. 


                                                         FIFA 14(XBOX ONE) 
FIFA 14 (PS3)
                                           
Dari contoh gambar  diatas semisal game FIFA di Xbox One saja tak jauh berbeda dengan versi PS3 dan X360 nya. Hanya  terlihat perbedaan di jersey yang bisa lecek dan berkibar kali ini, terlihat memang grafis baju dibuat terpisah dengan grafis tubuh pemain.


PES 2014 (PS3/X360)

Coba bandingkan saja FIFA versi XBOX One dengan PES 2014 versi PS3 dan Xbox 360. Terlihat tidak ada perbedaan, dan malah terlihat jauh lebih real PES 2014 milik PS3 dan XBOX360. Di PES 2014 ini baju pemain tidak hanya lecek, melainkan bisa berkibar juga layaknya FIFA 14 versi Next Generation.


Dan Selanjutnya, coba kita melihat game Watch Dogs untuk PS4 tidak memiliki perbedaan grafis yang tidak jauh dengan PS3. Bahkan terbilang sama jika disandingkan dengan GTA V versi PS3.

Nah, dari semua pembahasan postingan kali ini perkembangan grafis game console akan sangat mencolok menjadi batu loncatan besar hingga sekarang yang kian tidak berbeda jauh dengan generasi sebelumnya. Apakah ini suatu kemunduran atau kurang inovasi baru dalam dunia grafis 3 dimensi ? Yap sebenarnya grafis sebuah game ditentukan oleh Engine yang digunakan dalam game tersebut, sebut saja beberapa engine grafis seperti Unreal Engine, FOX Engine, Crytek Engine yang begitu populer karena Grafis yang dihasilkan cukup nyata.

SUMBER 
http://bismaputrapratama.blogspot.co.id/2013/09/peningkatan-teknologi-grafis-melambat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar